Arti Software Engineering :
Ilmu yang mempelajari tehnik
pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering approach)
Dalam membuat softrare yang baik,
ada beberapa cara :
1. Fase Perencanaan (Planning) :
a)
Rencana software
b)
Analisa kebutuhan software
c)
Analisa cost banefit (Salah satu
bagian dari studi kelayakan)
2. Fase Pengembangan (Development) :
a)
Coding
b)
Testing
Macam-macam
test program :
i)
Unit test (Test per modul)
ii)
Integreated test (Test penggabungan dari
modul-modul yang telah diuji)
iii)
Validated test (Diuji dengan data
sebenarnya)
iv)
System test (Test dilakukan dengan
lingkungan sebenarnya)
v)
Topdown test (Test gabungan dari atas ke
bawah)
vi)
Bottom up test (Test gabungan dari bawah
ke atas)
3. Fase Pemeliharaan (Maintenance) :
Jenis-jenis
maintenance
a)
Koreksi (Corection)
b)
Adaptasi (Adaptive)
Software dikembangkan sesuai dengan tuntutan perkembangan
jaman
c)
Adaptasi yang
berkembang pada dewasa ini terbagi atas :
i)
Sistem Operasi
à
Pengarahan sistem operasi yang bersifat
multi user. Contoh : UNIX
à
Sistem operasi yang bersifat jaringan.
Contoh : NOVELL
ii)
RDBMS - Relational DataBase Management
System
à
Berkembang dalam bentuk bahasa SQL
(Structure Query Language).
iii)
Bahasa
Mengarah
pada perkembangan bahasa generasi ke empat (4GL - Fourth Generation Language)
Bahasa
4GL adalah suatu bahasa yang dibuat untuk meningkatkan produktifitas programmer
dan end user. Contoh :
a)
INFORMIX - Dapat dijalankan pada PC
dengan minimum RAM 4MB + 640KB dan disk storage > 40MB
b)
ORACLE
c)
INGRES
d)
AS / SET - Digunakan pada IBM AS 400
e)
POWER HOUSE - digunakan pada HR 3000
iv)
Perfective
Menyempurnakan software yang
ada biasanya dilakukan karena permintaan / saran / kritik user.
ARTI
SOFTWARE
1.
Instruksi
Atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi
fungsi dan hasil yang diinginkan.
2.
Struktur data
Yang
memungkinkan program memanipulasi informasi
3.
Dokumen
Yang
menggambarkan operasi dan penggunaan program.
SIFAT
DAN KARAKTERISTIK SOFTWARE
1.
Software merupakan
elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
2.
Elemen itu tidak
aus, tetapi bisa rusak.
3.
Elemen software itu
direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4.
Software itu tidak bisa dirakit.
KOMPONEN
SOFTWARE
1.
Bentuk bahasa
Terbagi
2, yaitu
A.
High
Level, contoh PASCAL, COBOL, FORTRAN.
B.
Middle
Level, contoh C
2.
Bentuk translator
Terbagi
3 , yaitu :
A.
Interpreter
Menerjemahkan
dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu
(statemen demi statemen)
B.
Compiler
Menerjemahkan secara keseluruhan, proses lebih cepat dari
interpreter
C.
Assembler
Menerjemahkan dari bahasa rakitan ke bahasa mesin
3.
Bentuk mesin :

Definisi
:
Menurut
Fritz Badar, software engineering adalah disiplin ilmu yang menerapkan
prinsip-prinsip engineering agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat
dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang sebenarnya.
Software engineering terdiri dari 3 elemen kunci, yaitu :
- Metode,
2.
Peralatan (tools),
3.
Prosedur,
yang memungkinkan manajer
mengontrol proses pengembangan software dan memberikan praktisi dasar yang baik
untuk pembentukan software berkualitas tinggi.
Metode
Software Engineering
Metode
software engineering memberikan tehnik-tehnik bagaimana membentuk software.
Metode ini terdiri dari serangkaian tugas :
à
Perencanaan & estimasi proyek
à
Analisis kebutuhan sistem dan software
à
Desain struktur data
à
Arsitektur program dan prosedur
algoritma
à
Coding
à
Testing dan pemeliharaan
Salah satu metode
yang digunakan dalam penguasaan software engineering
§ Classic
Life Cycle Pradigm - Model Water Fall - Model Siklus Hidup Klasik

Keterangan
:
A.
System Engineering and Analysis
Karena
software merupakan bagian terbesar dari sistem, maka pekerjaan dimulai dengan
cara menerapkan kebutuhan semua elemen sistem dan mengalokasikan sebagian
kebutuhan tersebut ke software. Pandangan terhadap sistem adalah penting,
terutama pada saat software harus berhubungan dengan elemen lain, seperti :
à
Hardware
à
Software
à
Database
B.
Analisis kebutuhan software
Suatu
proses pengumpulan kebutuhan software untuk mengerti sifat-sifat program yang
dibentuk software engineering, atau analis harus mengerti fungsi software yang
diinginkan, performance dan interface terhadap elemen lainnya. Hasil dari
analisis ini didokumentasikan dan direview / dibahas / ditinjau bersama-sama
customer.
C.
Design
Desain
software sesungguhnya adalah proses multi step (proses yang terdiri dari
banyak langkah) yang memfokuskan pada 3 atribut program yang berbeda, yaitu :
à
Struktur data
à
Arsitektur software
à
Rincian prosedur
Proses
desain menterjemahkan kebutuhan ke dalam representasi software yang dapat
diukur kualitasnya sebelum mulai coding. Hasil dari
desain ini didokumentasikan dan menjadi bagian dari konfigurasi software.
D.
Coding
Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat
dibaca oleh mesin
E.
Testing
Segera
sesudah objek program dihasilkan, pengetesan program dimulai. Proses testing
difokuskan pada logika internal software. Jaminan bahwa semua pernyataan atau
statements sudah dites dan lingkungan external menjamin bahwa definisi input
akan menghasilkan output yang diinginkan.
F.
Maintenance
Software
yang sudah dikirim ke customer data berubah karena
à
Software mengalami error
à
Software harus diadaptasi untuk
menyesuaikan dengan lingkungan external, misalnya adanya sistem operasi baru
atau peripheral baru.
à
Software yang lebih disempurnakan karena
adanya permintaan dari customer.
Masalah yang dihadapi dari model siklus hidup klasik
adalah :
à
Proyek yang
sebenarnya jarang mengikuti aliran sequential yang ditawarkan model ini.
Iterasi (Pengulangan) selalu terjadi dan menimbulkan masalah pda aplikasi yang
dibentuk oleh model ini.
à
Seringkali pada awalnya customer sulit
menentukan semua kebutuhan secara explisit (jelas).
à
Customer harus sabar karena versi
program yang jalan tidak akan tersedia sampai proyek software selesai dalam
waktu yang lama.
DAFTAR
PUSTAKA
Pressman, Roger S.,
“Rekayasa Perangkat Lunak: pendekatan praktisi (Buku 1)”, Andi, Yogyakarta,
2002
Roger S. Pressman, “Software Engineering, a Practitioner’s
Approach” Fourth Edition, McGraw Hill, 1997.
Roger S. Pressman, “Software Engineering, A Beginner’s Guide”, McGraw Hill, 1998.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar