Jumat, 11 September 2015

MATERI PSIKOTES PT YMMI


Profile
E  Creating “ Kando “ Together F
KANDO                                 : ide / gagasan yang membuat terkesan
YAMAHA GROUP DI INDONESIA
²  YI                               : K.I.P                                 è Piano grand
²  YMMI                      : K.I.P                                 èGitar
²  YMMA                     : MM 2100                        è Piano, Klafinova, Orgen, Drum, Keybord
²  YMPI ( Product )  : Pasuruan                       è Recorder, terompet, Pianika
²  YEMI ( Electronic): Pasuruan                       è Amply Player
²  YMID                        : Gatot subroto              è penyalur produk Yamaha
Misi Perusahaan :
Sebagai pabrik alat music no.1 di dunia baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Target perusahaan :
·         Meningkatkan mutu
·         Melaksanakan sistem ikko nagasi di setiap bagian
·         Penerapan jishu hozzen
·         Zero accident di dalam maupun di luar pabrik
·         Meningkatkan sumber daya manusia.
MUTU :
                Batasan-batasan dengan maksud untuk kepuasan pelanggan.
IKKO NAGASI  ( One Piece Flow ) :
                Mengalirkan barang ke proses selanjutnya satu demi satu.
v  Tujuan  :
1.       Mengurangi WIP
2.       Menghilangkan barang NG
3.       Mempercepat LEAD TIME produk
JISHU HOZZEN ( Self Preventive Maintenance ) :
Pekerja mempunyai tanggung jawab secara pribadi untuk menjaga dan merawat sendiri semua peralatan yang di gunakan untuk bekerja sehari-hari.
v  JISHU                    : diri sendiri
v  HOZZEN               : pemeliharaan
Pemeliharaan yang di lakukan oleh diri sendiri.
v  Tujuan :
1.       Mengkatkan skill karyawan
2.       Mencegah kerusakan mesin
3.       Meningkatkan produktivitas
4.       Meningkatkan umur pemakaian mesin
5.       Menghilangkan loss ( kerugian waktu dan biaya perbaikan mesin ).
FMEA ( Failure Modes Effect Analysis = analisa erhadap bentuk kegagalan ).
v  Tujuan :
Membuat suatu mode untuk menghilangkan macam-macam kerusakan yang tingkat kegagalannya besar.
KAIZEN TEIAN ( suatu ide perbaikan )
                Kaizen :Perbaikan                                           teian : Ide/Usulan
                Suatu rantai kegiatan dengan mengamati di lapangan proses produksi, menemukan pemborosan,  dan menghilangkan pemborosan tersebut.
v  Tujuan :
1.       Kemudahan untuk bekerja ( Efisiensi )
2.       Cepat dalam mengerjakan
3.       Mutu menjadi lebih baik ( Kualitas )
4.       Penghematan  biaya
5.       Tempat kerja menjadi lebih bagus, indah, dan nyaman untuk bekerja
6.       Keselamatan dalam bekerja bisa terjaga.
v  Konsep :
ECRS  :
·         Eliminate
·         Combine
·         Re-arrange
·         Simplify
5 S
Suatu kegiatan untuk meningkatkan level di lingkungan / area kerja dengan segala komponen di dalam nya yang dapat mempengaruhi unsur  5 S dan keselamatan.
v  Tujuan :
1.       Memperbaiki kondisi lingkungan kerja
2.       Membuat semua orang bertanggung jawab
3.       Membuat tempat keja menjadi indah dan nyaman
4.       Membuat loss mudah terlihat dan menghilangkannya.
²  SEIRI                      : Ringkas
²  SEITON                 : Rapi
²  SEISO                    : Resik
²  SEIKETSU             : Rawat
²  SHITSUKE            : Rajin
ISO ( Internatianal Organization for Standarization )
                Suatu standar sistem manajemen Mutu / Lingkungan.
                ISO 9001 ; 2000 :  mengenai masalah mutu ( terbaru Versi  2008 ) //  QMS
                ISO 14001 ; 2004                :  mengenai masalah lingkungan  // EMS
OHSAS  : Occuptional Health and Safety Assasment  Series
                Suatu manajemen mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.
                OHSAS 18001 ; 2007        :  mengenai keselamatan dan kesehatan kerja ( terbaru Versi 2008 )
IAKK   : Identifikasi Analisa Kecelakaan Kerja
MSDS : Material Safety Data Sheet
Lembar yang menerangkan mengenai karakteristik dan material yang berbahaya dan cara-cara penanganannya apabila terjadi kecelakaan yang di sebabkan oleh material tersebut.
LIMBAH B3 : Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun
                ( ex : cat, lem, cyanotec, thiner, issarflas, ,aicca aibon, dll )
KYT        : Kikken Yoshi Training
Kegiatan yang di lakukan secara berkelompok untuk menganalisa bahaya-bahaya yang bisa timbul pada saat proses kerja.
HIYARI  HATTO : Nyaris Celaka / Hampir celaka
Laporan mengenai kejadian yang menimpa karyawan yang membuat karyawan hampir celaka atau nyaris terjadi kecelakaan.
²  3 PRINSIP ZERO ACCIDENT
1.       Prinsip Nol
Fmenyelamatkan kecelakaan sampai nol
2.       Prinsip Antisipasi
Fmencegah munculnya kecelakaan sebelum beraktivitas
3.       Prinsip Partisipasi
Fmempraktekan aktivitas memecahkan masalah dengan semangat dari inisiatif sendiri, dari posisi dan tempat kerja masing-masing.
YPM      : Yamaha Productive Management
Suatu kegiatan untuk menganalisa permasalahan yang terjadi sehingga dapat di analisa dan di perbaiki pada bagian tersebut.
Ø  Tujuan:
1.       Meningkatkan kemampuan diri
2.       Memperbaiki lingkungan kerja
3.       Memiliki kepekaan terhadap kebaikan
TPM       : Total Productive Maintenance
Suatu sistem dalam perusahaan untuk melakukan berbagai improvement yang terarah Equipment ( peralatan ) efektif dan bisa di lakukan oleh semua karyawan.

v  Tujuan :
1.       Efisiensi suatu produksi
2.       Zero Accident ( nol kecelakaan ), zero Deffect (nol cacat ), dan zero Failures ( nol kesalahan )
8 PILAR DALAM TPM :
1.       Kobetsu Kaizen                ( fokus terhadap mengurangi pemborosan )
2.       Jishu Hozzen                     ( perawatan Mandiri )
3.       Hinshitsu Hozzen            ( perawatan Mutu )
4.       Keikaku Hozzen               ( perwatan Berkala )
5.       Jimmu Kaizen                    ( administrasi )
6.        Kyouiku Kunren              ( pendidikan )
7.       Shoki Kanri                         ( pemeriksaan terhadap mesin baru )
8.       Anzen Kankyou                ( keselamatan Lingkungan )
KOBLA : Konsultasi Berita dan Laporan
1.       Yang segera jangan nanti saja
2.       Yang tepat jangan kira-kira
3.       Yang pasti jangan mungkin
4.       Yang nyata jangan mudah-mudahan
5.       Yang bisa di pertanggungjawabkan jangan tidak apa-apa
RAS        :  Risk Assasment Sheet
                Lembaran yang berisi tentang penilaian terhadap resiko suatu proses kerja.
10 PRINSIP IKKO NAGASI
1.       Lakukan pekerjaan dengan teliti, benar, dan pasti
2.       Selesaikan pekerjaan satu per satu menurut urutan proses, cek kesesuaian dengan batasan mutu
3.       Tidak membuat / mengalirkan barang rusak
4.       Pastikan, mesin, jig dan peralatan telah di setting dengan benar, agar dapat di gunakan dengan aman dan nyaman
5.       Simpan barang hasil produksi pada tempat yang telah di tetapkan agar tidak menimbulkan kerusakan
6.       Selalu membersihkan tempat kerja ( Meja, Lantai )
7.       Letakkan material dan peralatan di tempat yang telah di tentukan
8.       Menghilangkan penyebab kerusakan agar tidak membuat barang rusak
9.       Hilangkan segala pemborosan dalam proses kerja
10.   Tidak meninggalkan pekerjaan tanpa seizin atasan.
3 MU
v  MURI    : Susah
v  MUDA  : Sia-Sia
v  MURA   : Sembarangan

3 MD è Mulai Dari          F Diri sendiri
                                                F Yang kecil
                                                F Saat ini
TUJUAN MUTU :
1.       Barang dari vendor sesuai standart
2.       Tidak ada keluhan dari pelanggan
3.       Menjaga perjanjian dengan pelanggan
4.       Menjaga karyawan bekerja secara sistematis
5.       Mutu kerja meningkat, Biaya produksi hemat
LKP  (Label Kontrol Produksi )
v  Pengertian :
F identitas/petunjuk produksi yang di gunakan untuk keakuratan visual kontrol WIP pada barang yang sedang mengalir dalam produksi
v  Alasan LKP baru di pasang di Wood Finish/Body Assy
FBaru pertama penentuan warna dan model gitar
v  Tujuan warna LKP berbeda-beda
Fmempermudah pengontrolan barang terhadap keterlambatan proses
Ø  Tujuan LKP
1.       Semua karyawan bisa tahu model gitar
2.       Bisa tahu kapan tanggal LKP di proses è packing
3.       Mempermudah penghitungan WIP di produksi
4.       Mempermudah pengontrolan per hari
5.       Supaya produksi perhari sesuai dengan Daily Production Plan
6.       Menghindari stok WIP berlebih
Ø  WARNA LKP
WARNA
KETERANGAN
BIRU
                           SENIN
HIJAU
SELASA
PUTIH
RABU
KUNING
KAMIS
PINK
JUMAT
ORANGE
SABTU
MERAH
TRIAL/CLAIM
UNGU
TUKAR LKP/COMPLAIN
PLL         : Prosentase Lulus Langsung
OPL        :  One Point Lesson
Ø  Satu poin penting  yang harus di perhatikan
WI          : Work Instruction
7 MACAM PEMBOROSAN :
1.       pemborosan membuat barang berlebih
2.       Pemborosan waktu tunggu
3.       Pemborosan pengangkutan
4.       Pemborosan proses itu sendiri
5.       Pemborosan material yang over
6.       Pemborosan gerakan
7.       Pemborosan membuat barang NG
ARTI DAN MAKNA LAMBANG PADA BENDERA K3
                Palang di lingkari roda bergerigi 11 berwarna hijau di atas dasar putih
²  Palang                   : bebas dari kecelakaan dan sakit kerja
²  Roda bergerigi   : bekerja dengan kesehatan jasmani dan rohani
²  Dasar putih         : suci, bersih
²  Hijau                      : sehat, selamat
²  11 roda gigi         : 11 bagian dalam UU
5 faktor penyebab kecelakaan
1.       perbuatan / gerakan berbahaya                                                ( ex : ceroboh )
2.       kondisi berbahaya                                                           (ex : keadaan yang tidak mendukung )
3.       sifat pekerjaan                                                                  ( ex : bekerja pada ketinggian )
4.       cara kerja                                                                            ( ex : kurang hati-hati, meremahkan )
5.       proses produksi                                                                                ( ex : bahan baku berbahaya )
3 Hal penting yang perlu di perhatikan yang dapat mengakibatkan kebakaran :
1.       benda tajam tidak bersentuhan dengan Abrasive
2.       apabila terjadi percikan api harus segera mematikan Dust Collector
3.       segera melaporkan kepada pimpinan lapangan 
 KARTU KUNING
Dasar-dasar perbuatan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan
1.       Mari jaga dan tingkatkan kekuatan fisik
2.       Mari datang ke pabrik lebih awal
3.       Mari ucapkan salam tiap pagi dan sore
4.       Mari senam pagi bersama-sama
5.       Mari berpakaian dengan rapi dan benar
6.       Jangan masukkan tangan ke dalam saku waktu berjalan
7.       Pakailah sepatu bertumit rendah
8.       Buatlah tempat kerja bersih
9.       Jangan menyentuh bagian yang berputar dari mesin
10.   Mari melakukan pekerjaan menurut manual
11.   Mari tune_up mesin setiapwaktu supaya berjalan dengan baik
12.   Mari menggunakan alat pengaman

KARTU HIJAU
Kata kunci dalam bekerja
1.      Konsultasi, berita, dan laporan ( KOBLA )
Setiap saat bila menghadapi soal apa saja melaksanakan untuk menghidarkan salah paham
2.      What, who, when, where, why, how ( 5W1H )
Setiap saat bila memberi atau menerima kerja meyakinkan untuk memuaskan maksud permintaan
3.      Kesadaran tentang masalah, tujuan, kualitas, biaya ( 4-kesadaran )
Setiap saat dapat melihat apa saja dengan  4-kesadaran untuk meningkatkan mutu kerja dan meningkatkan daya pengelolaan
4.      Kualitas barang, hasil kerja, orang (3-kualitas )
Kualitas barang yang bergantung pada kualitas hasil kerja yang bergantung pada kualitas orang
5.      Plan, do, check, action ( Roda- PDCA )
Semua kerja terdiri dari 4 unsur, tidak boleh mengabaikan salah satu unsurpun
6.      Customer, competitor, company ( mata-3c )
Setiap saat bila mencari atau mengumpulkan penerangan, menuju 3 objek tersebut
7.      Money, man, machine, material, methode ( 5-M )
semua kerja atau usaha memerlukan 5 unsur ini sebagai input,maka merupakan unsur kontrol
8.      Production capacity, quality, cost, dilevery speed, safety &sanitary, moral ( PQCDSM )
Semua kerja atau usaha menghasilkan 6 unsur ini sebagai output, maka merupakan unsur kontrol
9.      Tempat nyata, barang nyata, keadaan nyata ( asas 3-nyata )
Setiap saat bila terjadi persoalan,datang di tempatnya, melihat barang nya dan keadaannya untuk mencari sebab yang benar
10.  Seiri, seiton, seiso, seiketsu,shitsuke ( 5S )
Buang yang tak perlu, taruh dengan rapi, bersihkan,sehatkan dan teruskan, tingkat 5S menentukan tingkat kualitas kerja
11.  Muri, muda, mura ( 3-MU )
Mencari unsur yang susah,sia-sia atau sembarangan dan mencabut unsur itu untuk meningkatkan efisiensi kerja
12.  Yang baik, yang tepat, yang murah
Semua usaha di perusahaan di tujukan pada barang atau jasa niaga yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah
13.  Sistem dengan racun, pelaksanaan dengan madu
Semua orang suka malas,suka lupa, suka salah,perlu sistem atau cara kerja yang cocok untuk orang-orang ini. Tidak boleh saling percaya dan berharaphasil kerja yang baik tanpa upaya & usaha. Tetapi saling cintai kemanusiaan dalam pelaksanaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar